Gunung di Dunia yang Ada di Surga

Gunung di Dunia yang Ada di Surga

Gunung di Dunia yang Ada di Surga

Gunung di Dunia yang Ada di Surga - Tahukah sobat mengenai warta seu sebuah gunung di dunia, namun kelak juga akan berada di Surga? Kedengarannya memang tidak lazim, namun hal ini memang fakta yang akan terjadi kelak di Yaumil Qiyyamah (hari akhir).

Tidak seperti gunung-gunung pada umumnya, gunung ini memang memiliki nilai history yang panjang. Tidak sekedar sebuah gunung biasa, namun memang sangat istimwa.

Warta seru lainnya: Masjid unik yang dibangun bangsa Jin

Untuk lebih jelasnya, berikut keterangannya.

Gunung di Dunia yang Ada di Surga

Gunung yang sekarang berada di bumi namun kelak akan berada di Surga adalah Gunung Uhud. Gunung Uhuhd terletak sekitar 7 Km dari kota Madinan ini memiliki ketinggian kurang lebih 1.077 meter di atas permukaan laut dengan panjang perbukitan sekitar 6 Km. Biasanya para jama'ah Haji dan Umroh akan singgah di Gunung Uhud ini.

Hal ini juga sesuai dengan Hadis Rosululloh SAW, beliau bersabda:
Bukit Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang ada di Surga (H.R. Bukhori)
Selain itu, Rosululloh SAW juga menyatakan kecintaannya pada gunung Uhud ini melalui keterangan Hadis yang lain,  Beliau bersabda:
Sesungguhnya Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami dan kami juga mencintainya" (H.R. Bukhori dan Muslim)
Jika kita melihat dengan seksama, gunung Uhud memiliki kontur bebantuan dengan warna cokelat tua. Secara struktur pula, gunung Uhud tidak bersambungan dengan gunung di sekitarnya seperti pada pegunungan umumnya.

Hal tersebut berimplikasi, ketika gunung lain di sekitar gunung Uhud tersebut mengalami guncangan, gempa atau peristiwa alam lainnya, tidak akan berpengaruh secara langsung terhadap gunung Uhud tersebut. Karena hal itu, masyarakat Madinah menamakan gunung Uhud dengan sebutan Jabal Uhud yang artinya "gunung penyendiri".

Salah satu hal mengapa gunung Uhud sangat istimewa dibandingkan dengan gunung lainnya, seperti pada keterangan hadis di atas tadi, ternyata gunung tersebut memang berdasarkan runut sejarah memiliki nilai historis yang tinggi.

Gunung di Dunia yang Ada di Surga
Source image: panoramio.com

Gunung Uhud tersebut memiliki nilai cerita sejarah yang besar bagi Umat Islam. Gunung Uhud ini menjadi saksi bisu perjuangan Nabi Muhammad SAW bersama dengan para Sahabat dalam menyebarkan agama Islam. Pada kala itu terjadi pertempuran dahsyat yang sering kali disebut perang Uhud melawan kaum Quroisy.

Perang Uhud tersebut terjadi sekitar Tahun 3 Hijriyah pada tanggal 15 Syawal. Perang antara kaum muslimin dengan kaum Quroisy tersebut memang perang antara sebab politik dan spiritual. Dalam perang tersebut, kaum muslimin hanya berjumlah 700 orang melawan pasukan Quroisy 3000 orang.

Warta seru lainnya: 2 kelemahan Setan yang wajib kamu ketahui

Saking nilai sejarah tersebut, dan memang sesuai penjelasn Hadis Nabi Muhammad SAW di atas, dan tentu juga menjadi ketentuan Allah SWT gunung Uhud menjadi salah satu gunung di dunia yang ada di surga.

Demikian sekelumit warta seru kali ini, jangan lupa untuk shared pada rekan-rekan lainnya ya. Salam.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser