2 Banguan Rahasia Tempat Berlindung Saat Hari Kiamat Tiba

2 Banguan Rahasia Tempat Berlindung Saat Hari Kiamat Tiba

2 Banguan Rahasia Tempat Berlindung Saat Hari Kiamat Tiba

Saat hari kiamat telah tiba, ada beberapa negara yang sudah mempersiapkan sejak sekarang. Dengan penuh keyakinan, negara-negara tersebut berupaya keras membuat sebuah bangunan megah nan kokoh yang bertujuan untuk menyelamatkan warganya.

Bangunan tempat berlindung di hari kiamat tersebut bisa juga dinamakan "bunker" atau sejenisnya, yang memang secara khusus dibangun dengan berbagai peralatan canggih. Sudah pernahkah sobat melihat kiamat 2012? Setidaknya itulah gambaran awal yang bisa Anda fahami.

Yuk kita simak bangunan penyelamat di hari kiamat kelak versi Warta Seru.

Banguan Rahasia tempat Berlindung Saat Hari Kiamat

1. Burlington Bunker

Burlington Bunker Inggris

Burlington bunker merupakan sebuah bangunan bunker yang dibuat negara Inggris. Negara tersebut ternyata menggunakan bunker tersebut dengan ukuran raksasa yang sedianya jadi tempat berlindung pemerintah dan keluarga kerajaan dari serangan bom nuklir saat Perang Dingin pecah di masa silam.

Bunker yang mempunyai julukan “kota bawah tanah” ini berada di Corsham, Wiltshire. Kondisi bunker yang berjarak 100 kaki di bawah permukaan tanah ini kini terbengkalai. Bangunan rahasia tersebut bisa menampung 4.000 orang jika perang nuklir benar-benar terjadi. Prioritas penghuni bunker adalah Perdana Menteri dan keluarga Kerajaan Inggris. Kementerian Pertahanan Inggris mengakui situs rahasia yang dikenal sebagai Bunker Burlington tersebut.

Bangunan telah ditinggalkan sejak tahun 1990-an. Melalui situs resminya, Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa bangunan anti-nuklir rahasia memang dibangun pemerintah di masa silam. Sejak dibangun pada tahun 1950-an, markas perang darurat Inggris ini dikenal dengan banyak nama kode, termasuk Hawthorn Central, Stockwell, Subterfuge, Turnstile, dan juga Site 3. Menurut laporan yang diulas burlingtonbunker.co.uk, bunker dilengkapi dengan pusat medis lengkap dengan ruang pemeriksaan, ruang operasi gigi, ruang cuci dan dua dapur.

Baca juga: Foto Cicit Rasullullah SAW yang Masih Hidup Sampai Saat ini

Sejumlah buku juga disediakan di bunker dengan harapan dapat memberikan informasi yang cukup bagi sebuah negara untuk membangun kembali jika dimusnahkan oleh perang nuklir. Buku-buku yang disediakan termasuk peta, data ilmiah, kebijakan parlemen, dan buku manual teknis. Dengan dilengkapi fasilitas yang memadai, bangunan rahasia ini dimungkinkan jadi lokasi pemerintah untuk menjalankan negara. 

Ketika bagian dalam bunker terungkap, barang-barang termasuk telepon dan peralatan kantor lainnya ditemukan dalam kondisi yang sama sekali tidak terpakai dan masih terbungkus plastik. Sekitar 50 hingga 100 staf dipekerjakan untuk menjaga agar bunker berfungsi selama tahun 1980-an. Namun, jumlah staf telah dikurangi menjadi empat anggota.

2. Green Bunker

Green Bunker Amerika Serikat

Sahabat anehdidunia.com pemerintah Amerika Serikat di masa lalu membangun bunker raksasa di bawah tanah hotel dan resor mewah Greenbrier di White Sulphur Springs, West Virginia. Lubang perlindungan itu dibuat di era perang dingin dengan Uni Soviet. Sebagai lokasi pemerintahan darurat AS jika perang nuklir sampai pecah. Itu bukan bunker biasa. Dilapisi dinding setebal 3 kaki atau 0,9 meter dan memiliki sistem udara yang didesain bisa menyaring zat radioaktif berbahaya. Bunker rahasia yang relatif dekat dengan ibukota Washington DC dibangun atas perintah Presiden Eisenhower dari tahun 1958 sampai 1962. Dengan kode 'Project Greek Island'.

Bunker itu sedang dibangun saat keluarga Kennedy termasuk John F Kennedy serta pasangan bangsawan Inggris, Duke dan Duchess of Windsor berlibur di hotel di atasnya. Tanpa menyadari ada proyek besar di sana. Lokasi perlindungan rahasia itu akhirnya rampung pada tahun 1962, ukurannya setara toko serba ada Walmart, diklaim memiliki stok perlengkapan sampai 30 tahun, juga 1.100 tempat tidur untuk ditempati anggota pemerintahan AS. Dibangun di bawah kedok menyelesaikan sayap gedung bagian barat, bunker seluas 112.000 kaki persegi itu berada di bawah tanah resor Greenbrier nan mewah.

Ruangan utama bunker adalah 'Exhibit Hall' yang memiliki lebar 27 meter, panjang 57 meter, dengan ketinggian hampir 6,1 meter, dan disangga 18 kolom. Disediakan untuk sesi gabungan kongres. Juga ada dua ruangan lain di masing-masing sisinya. Salah satunya adalah ruang duduk berkapasitas 470 orang, yang cukup besar menampung anggota DPR, sementara lainnya, yang lebih kecil mampu menampung 130 orang cocok untuk ruang Senat. Bunker juga dilengkapi ruang penyiaran, asrama yang bisa menampung lebih dari 1.000 orang, dapur dan rumah sakit yang memiliki stok untuk 30 tahun, termasuk makanan, buku, dan alat permainan. Di masa itu, kompleks bawah tanah tersebut menghabiskan dana US$ 14 juta atau Rp 159 miliar.

Info menarik lainnya: Masjid Unik yang Dibangun oleh Bangsa Jin

Lokasi perlindungan sengaja dibangun dekat Gedung Putih, agar bisa secepatnya mengevakuasi pemerintahan AS dari Washington D.C. ke West Virginia jika sewaktu-waktu Soviet menyerang. Dan selama 30 tahun setelah dibangun, staf bekerja diam-diam dan menyamar salah satunya menjadi tukang reparasi TV terus merawat bunker yang mengutamakan efisiensi alih-alih kemewahan. Belakangan, hingga keberadaannya terkuak ke publik, sebanyak 70 pekerja Greenbrier juga diminta tutup mulut soal bunker itu.

Demikian sekilas informasi mengenai 2 Banguan Rahasia tempat Berlindung Saat Hari Kiamat. Adakah bangunan lainnya? Saya kira bukan pertanyaan tersebut yang jadi inti pembicaraan. Namun cukupkah bangunan tersebut menjadi sebuah tempat berlindung kala hari kiamat tiba? Apakah manusia mampu mencegah sebuah ketetapan bahwa dunia ini akan hancur layaknya kapas yang berterbangan? Huwallohua'lam.

Jangan lupa Share den join Warta Seru guna memberikan informasi secara konsisten.

Source:
http://global.liputan6.com/read/718098/perang-nuklir-pecah-pemerintahan-as-pindah-ke-bunker-raksasa-ini
https://www.jejaktapak.com/2017/07/07/inilah-10-bunker-paling-terkenal-di-dunia/3/
http://global.liputan6.com/read/2363028/mengintip-mewahnya-bunker-anti-kiamat-orang-kaya
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser